Tugas Personal 01

Teknologi dan Saya

 

Sungguh mengesankan memang perkembangan teknologi. Dengan adanya teknologi tentu diharapkan dapat mempermudah pekerjaan. Ketika saya masih Sekolah Dasar, televisi berwarna merupakan barang yang illith. Dewasa ini kebutuhan manusia atas komputer yang otomatis berhubungan dengan internet, sangat besar ketergantungannya. Saya sendiri sangat bergantung terhadap komputer meskipun tidak terlalu menguasai tentang teknologi. Setidaknya dengan aktivitas yang saya jalani sekarang ini komputer menjadi gadget yang paling melekat dengan saya.

Ketika saya kuliah sebelumnya meskipun bukan jurusan yang berkaitan dengan ilmu komputer, saya tidak bisa lepas dari yang namanya netbook. Ditambah dengan fasilitas free hotspot di kampus membuat saya betah berjam – jam duduk di kampus hanya sekadar menjelajahi dunia maya. Gadget pertama saya yang masih bertahan hingga sekarang dan masih sering saya ajak travelling kemana pun saya pergi, sudah berusia lebih dari 7 tahun. Netbook yang pada masa itu saya membeli dari hasil menabung sendiri, terbilang mahal harganya dibandingkan sekarang. Karena banyak yang telah memiliki spesifikasi terbaru dari mobile computer yang sekarang banyak beredar.

Hingga sekarang netbook keluaran HP dengan processor core duo saya ini masih bertahan dan terbilang ‘sehat’. Hanya sekali saya membawa ke service center untuk menambah memorinya saja. Ini saya perlukan untuk aktivitas saya yang membutuhkan banyak penggunaan drawing tools, seperti corel, adobe illustrator, photoshop, visio, dan mind map manager untuk desain. Berawal dari hobi hingga saya mempelajari penggunaan drawing tools dan seringkali saya menerima tawaran untuk membuat desain. Terlebih lagi karena usaha saya yang sekarang bergerak di bidang art, maka kebutuhan saya menggunakan drawing tools sangat besar.

Dalam dunia usaha, tidak akan mungkin maju jika tidak membuat inovasi dan memperluas jaringan. Internet sangat membantu dalam aktivitas social networking atau sekadar browsing. Kadang saya gunakan untuk streaming dan download atau ‘blogwalking’ untuk melepas penat dan stress. Di perkuliahan saya sekarang pun membutuhkan netbook untuk online sesuai dengan metode belajarnya online learning.

Mobile device yang menjadi ketergantungan saya selain netbook adalah handphone. Meskipun saya selalu membawa netbook kalau saya bepergian, kalau ada yang lebih praktis untuk diambil manfaatnya, kenapa tidak? Teknologi terbaru dari google android sangat memanjakan saya. Saya memilih Samsung Galaxy Ace untuk kemudahan yang bisa saya dapatkan. Meskipun belum secanggih Samsung Galaxy Note, yang merupakan gadget incaran saya nantinya, Samsung Galaxy Ace (SGA) merupakan middle class smartphone yang cukup menjanjikan. Karena saya juga memiliki hobi fotografi, resolusi kamera SGA dengan 5 mega-pixel cukup memuaskan. Untuk menjelajah di dunia virtual juga menjadi lebih leluasa dan menyenangkan.

Kalau SGA lebih saya pergunakan untuk aktivitas di dunia maya, saya menggunakan handphone lama saya utamanya dalam penggunaan telepon. Sony Ericsson tipe K770i merupakan gadget lama saya yang juga masih bertahan hingga sekarang. Kebiasaan saya dalam memilih gadget adalah mempertimbangkan kamera yang digunakan. Dan menurut saya Sony Ericsson K770i dengan kamera cyber shot cukup memuaskan untuk handphone di kelasnya.

Kebutuhan manusia akan kepuasan terhadap teknologi memang tidak ada batasnya. Sebut saja yang sekarang bersaing untuk mendapatkan pasar diantaranya Blackberry, iPhone, dan android. Menyenangkan memang jika pekerjaan sulit menjadi lebih mudah dikarenakan teknologi. Seyogyanya kita dapat lebih bijaksana dalam memanfaatkannya agar tidak justru dikuasai kepuasan pribadi atas teknologi. Karena ada lebih banyak hal yang bermanfaat yang bias dilakukan dengan teknologi daripada sekedar memuaskan diri dan status sosial.

Leave a Reply

Go to Top