Tugas Personal 02

PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER


Komputer dari semenjak kemunculannya di tahun 1937 hingga sampai saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Komponen komputer memiliki perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya atau disebut pula dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input,

memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Demikian ini adalah beberapa komponen utama komputer, yaitu :

 

  1. INPUT DEVICE
  2. OUTPUT DEVICE
  3. STORAGE DEVICE
  4. SYSTEM UNIT
  5. COMMUNICATION DEVICE

 

  1. I.                   INPUT DEVICE

Input device adalah komponen hardware yang mengijinkan pengguna memasukkan data atau instruksi (program, perintah, respon user) ke dalam sebuah komputer. Jenis – jenisnya adalah sebagai berikut :

  1. Keyboard

Secara sejarah keyboard berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat. Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming). Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. Bila mendengar kata “keyboard” maka  pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.

  1. Pointing Device

1. Mouse

Mouse adalah sebuah peralatan pointing yang ukurannya sebesar telapak tangan. Pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963. Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Mouse  pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Pada awalnya mouse berbentuk mouse bola yang kemudian dibuat mouse optikal pertama kali oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. Selanjutnya di tahun 2004 Logitech menjadi pioneer dalam pembuatan mouse laser.

2. Trackball

Trackball adalah peralatan pointing tetap dengan bola pada permukaannya. Trackball ini pada mulanya merupakan pengembangan tipe mouse bola dan populer antara tahun 1980 sampai 1990.

3. Pointing Stick

Pointing stick adalah peralatan pointing yang sensitive terhadap tekanan yang

letaknya ada pada tombol – tombol pada keyboard.

4. Touchpad

Touchpad adalah peralatan pointing yang bentuknya kotak, kecil, dan datar yang

sensitive terhadap tekanan dan gerakan. Biasanya touchpad ada pada notebook.

5. Joystick

Joystick adalah peralatan pointing yang berbentuk tuas yang dioperasikan

berdasarkan arah gerakan yang diinginkan.

6. Light Pen

Light pen adalah peralatan input yang dapat mendeteksi keberadaan cahaya. Alat ini hanya digunakan pada layar khusus. Pengguna memilih objek dengan cara mengaktifkan light pen pada layar.

7. Stylus Pen

Stylus pen adalah peralatan input berbentuk bolpen yang menggunakan tekanan untuk memilih objek pada layar. Alat input ini biasanya digunakan dengan graphic table dan software handwriting recognition software sehingga alat input ini cocok digunakan untuk menulis tangan atau menggambar.

8. Touch Screen

Touch screen adalah layar yang peka terhadap tekanan. Dengan layar ini, pengguna memilih objek dengan cara memilih langsung dengan jari atau sebuah stylus. Biasanya, touch screen digunakan untuk kios informasi pada hotel, museum, restoran, atau PDA dan tablet PC.

  1. Voice input adalah proses untuk memasukkan data dengan cara berbicara melalui alat input khusus untuk suara. Contohnya Tape, CD/DVD Player, Radio, MIDI, Microphone.
  2. Input Gambar

Input gambar terdiri dari :

1. Digital Camera

Kamera digital merupakan peralatan yang mengijinkan pengguna untuk mengambil gambar dan menyimpan gambar dalam bentuk digital.

2. Optical Character Recognition

Optical character recognition adalah teknologi yang melibatkan pembacaan hasil tertulis, hasil print, atau karakter yang tertulis dari sebuah computer dari dokumen biasa dan mengubahnya ke dalam bentuk yang computer mampu proses. Teknologi ini biasanya digunakan untuk dokumen tagihan.

3. Optical Mark Recognition

Optical mark recognition adalah teknologi yang membaca tanda hasil buatan tangan seperti lingkaran kecil atau kotak. Teknologi ini biasanya digunakan untuk pengisian tes, survey, atau kuesioner.

4. Scanner

Scanner merupakan alat input dengan cahaya yang membaca grafik dan teks tercetak dan kemudian merubah hasilnya ke dalam bentuk yang computer mampu proses.

5. Barcode Reader

Barcode reader merupakan peralatan optic yang menggunakan laser untuk membaca barcode. Barcode adalah kode identifikasi yang berisi kumpulan garis vertical dan spasi dengan lebar yang berbeda. Barcode biasanya merepresentasikan data yang mengidentifikasikan perusahaan dan benda tersebut.Biasanya barcode digunakan pada kemasan produk.

6. MICR Reader

MICR reader adalah alat yang dapat membaca teks tertulis dengan tinta magnetis. Teknologi ini biasanya digunakan pada cek.

  1. Input Video

Video input adalah proses untuk mengambil gambar bergerak secara penuh ke dalam sebuah computer dan menyimpan mereka ke dalam sebuah harddisk/DVD.

Inovasi teknologi input, sebagai berikut :

a. Point-of Sale Terminals

Point-of Sale Terminals adalah system retail yang memampukan computer untuk mengelola operasi pembayaran customer (data pembelian, proses kartu kredit / debit, pengupdatean inventory) untuk barang dan layanan.

b. Automated teller Machines

Automated teller Machines adalah mesin perbankan yang menghubungkan sebuah komputer melalui jaringan yang memampukan pengguna untuk melakukan self-service.

c. Smart Display

Smart Display adalah monitor desktop tipis yang terpisah dari computer yang berfungsi sebagai sebuah portable wireless touch screen yang dapat mengakses computer dari jauh.

d. Biometric input

Biometric input adalah teknologi autentikasi identitas seseorang dengan memverifikasi karakteristik seseorang.

e. Input untuk orang cacat

Dengan adanya input device khusus orang cacat, dapat membantu orang – orang cacat tersebut untuk mengoperasikan computer dengan baik. Contoh Braille input.

 

  1. II.                OUTPUT DEVICE

Output adalah data yang diproses menjadi bentuk yang berguna. Output device adalah komponen/peralatan tambahan dari computer yang digunakan untuk menampilkan output. Output dapat berupa teks, grafik, audio, dan video.

Jenis – jenis output device, sebagai berikut :

a. Display device

Monitor merupakan interface terpenting yang menghubungkan manusia dan PC. Pada saat komputer pertama beroperasi pada tahun 1938, monitor yang sudah berusia 83 tahun dan pengembangannya masih berlangsung sampai saat ini. Tahap pengembangan monitor komputer yang digunakan saat ini sebenarnya terbagi atas dua fase. Fase pertama pada tahun 1855 ditandai dengan penemuan tabung sinar katoda oleh ilmuwan dari Jerman, Heinrich Geißler yang merupakan bapak dari monitor tabung. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan Color Graphics Adapter (CGA) yang dapat menampilkan empat warna dengan resolusi 160 x 200 pixel. Awalnya monitor terintegrasi dengan casing PC atau terhubung dengan teknik yang proprietary. Monitor yang menjadi perhatian saat itu adalah Taxan Vision, sebuah layar warna 14 inci dengan resolusi 1000 x 1000 pixel dan frame rate sebesar 64 Hz. Enam tahun kemudian (1990), monitor Nec Multiscan 4 D yang memiliki resolusi maksimal 1.024 x 768 dan frame rate sebesar 70 Hz telah hadir. Spesifikasi ini masih digunakan untuk Graphical User Interface saat ini. Sekitar tahun 2000, monitor layar datar menyerbu pasaran konsumer. Secara ringkas, berikut perkembangan monitor dari tahun ke tahun :

  1. Pada tahun 1855 Tabung Geißler ditemukan oleh Heinrich Geißler, dia berhasil membuat sebuah vakum dalam tabung yang dilengkapi dengan sebuah pompa merkuri.
  2. Tahun 1859, Sinar Katoda diitemukan oleh Julius Plucker, seorang ahli matematika dan fisika dari Jerman. Dia berhasil menemukan dan menggambarkan sinar katoda untuk pertama kalinya.
  3. Tahun 1888, penemuan Liquid Crystal oleh Friedrich Reinitzer, ahli kimia dari Austria, menemukan fenomena kristal cairan. Ia membuat eksperimen dengan sebuah bahan yang memiliki dua titik cair.
  4. Tahun 1897, Tabung BRAUN ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, dia mengembangkan tabung sinar katoda dengan memperkenalkan aplikasi pertama dengan menggunakan osiloskop.
  5. Tahun 1930, Siaran Full Electronic oleh Manfred von Ardenne, ilmuwan universal knowledge berhasil membuat siaran televisi full electronic pertama. Pada tahun 1931, ia memperkenalkan penemuannya di ajang International Radio Show di Berlin.
  6. Tahun 1963, penemuan Liquid Crystal Cyan Biphenyl oleh George Gray, ahli kimia dari Universitas Hull Inggris, menemukan kristal cairan Cyan-Biphenyl. Kristal ini menjadi dasar untuk pengembangan bahan kristal cairan stabil yang digunakan pada LCD sampai saat ini.
  7. Tahun 1969, TN-LCD Pertama oleh James Fergason mengembangkan teknologi TN (Twisted Nematic) yang mengontrol light transfer dari kristal cairan.
  8. Tahun 1981, IBM membuat standar MDA dan CGA. Dengan standarnisasi sinyal grafik monokrom dan warna, IBM membuka jalan untuk pengembangan monitor komputer yang universal.
  9. Tahun 1984, standar EGA berakhir . Standar EGA sudah lama menjadi standar minimal pada Computer Graphic Hardware.
  10. Tahun 1988, pembentukan standar VESA. Akhir tahun 1980-an, NEC bersama dengan delapan produsen graphic card lainnya membentuk Video Electronics Standards Association (VESA). Sejak saat itu, ditetapkan sebuah standar yang seragam untuk software, graphics card, dan monitor.
  11. Tahun 2000, layar datar untuk Home User Monitor dengan layar datar tipis ini semakin terjangkau harganya bagi home user.
  12. Tahun 2005, layar 3D pertama, Toshiba memperkenalkan layar 3D pertama yang menawarkan efek 3D tanpa menggunakan alat bantu lainnya. Namun, mata harus pada posisi tertentu.

 

b. Peralatan cetak

Peralatan cetak terdiri dari diantaranya sebagai berikut :

1. Dot-matrix Printer

Dot-matrix Printer merupakan printer yang menghasilkan gambar ketika pin kecil dari head printer menabrak pita tinta.

2. Inkjet Printer

Inkjet Printer merupakan printer yang mencetak karakter dan gambar dengan menyemprotkan titik – titik tinta ke selembar kertas.

3. Label Printer

Label Printer merupakan printer kecil yang digunakan untuk mencetak pada isolasi/benda semacamnya.

4. Laser Printer

Laser Printer merupakan printer berkecepatan tinggi dan berkualitas tinggi.

5. Photo Printer

Photo Printer merupakan printer warna yang menghasilkan gambar dengan kualitas lab foto.

6. Plotter

Plotter merupakan printer yang digunakan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi, seperti blueprint, peta, dan circuit diagram.

7. Large Format Printer

Large Format Printer merupakan printer yang digunakan untuk menciptakan gambar dengan warna foto realistik, seperti poster, rambu, dan proyek serupa.

 

c. Peralatan suara

Peralatan suara terdiri dari :

1. Speaker

Speaker biasanya digunakan untuk menghasilkan suara dengan kualitas yang tinggi. Pada speaker, anda dapat mengatur tone, volume, bass, untuk mendapatkan kualitas suara yang diinginkan.

2. Headset

Headset merupakan output device yang menghasilkan suara dari computer untuk individu pemakainya.

Inovasi teknologi output, sebagai berikut :

a. Mesin Fax

Mesin Fax adalah peralatan yang mentransmisi dan menerima dokumen melalui jalur telepon.

b. Peralatan Multifungsi

Peralatan multifungsi merupakan peralatan tunggal yang terlihat seperti mesin fotokopi tetapi menyediakan fungsi sebagai sebuah printer, scanner, mesin fotokopi dan mesin fax.

c. Proyektor

Proyektor merupakan peralatan yang mengambil gambar dari sebuah layar computer dan memproyeksikannya ke layar yang lebih besar sehingga penonton dapat melihat gambar secara jelas.

d. Force feedback pada joystick dan setir

Force feedback merupakan teknologi yang mengirim suatu perlawanan ke peralatan output sebagai respon dari user. Contohnya efek getar pada joystick.

 

  1. III.             STORAGE DEVICE

Media storage adalah materi fisik tempat computer menyimpan data, instruksi, dan informasi. Kapasitas adalah jumlah byte yang dapat disimpan oleh sebuah storage. Storage Device adalah hardware computer yang merekam atau mengambil data dari atau ke media storage. Jenis storage device, sebagai berikut :

a. Primer

Memory atau RAM (Random Access Memory) menyimpan data yang akan diartikan dan dieksekusi dengan prosesor. Data yang ada di RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga di sebut random (acak). Data yang tersimpan di RAM bersifat sementara, karena hanya akan ada jika ada listrik atau saat komputer menyala dan akan hilang jika komputer mati. Data yang ada di RAM bisa diakses jauh lebih cepat daripada yang ada di hardisk, untuk DDR2 SDRAM saja bisa lebih cepat 40 sampai 100 kali dibanding akses ke hardisk, dan untuk jenis DDR3 bisa 100 sampai 300 kali lebih cepat dibanding akses ke hardisk. Saat ini kebanyakan komputer sudah menggunakan Memory jenis DDR3 (sebagian lagi jenis DDR2). Sebelum tahun 2002, masih cukup banyak komputer yang menggunakan memory jenis Single Data Rate (SDR) SDRAM. Tetapi setelah itu, penggunaannya mulai digantikan oleh Double Data Rate (DDR), mulai dari DDR (DDR1), DDR2 dan sekarang yang banyak beredar adalah DDR3. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada SDRAM. Masing-masing jenis merupakan pengembangan dari sebelumnya dan versi terbaru umumnya mempunyai data rate yang lebih tinggi dan memerlukan daya yang lebih rendah. DDR2 secara teori mempunyai data rate 2x dengan spesifikasi yang sama dibanding DDR (DDR1). DDR3 juga mempunyai keunggulan dibanding DDR2, seperti bandwidth yang lebih tinggi, latensi yang lebih unggul, performa yang lebih tinggi pada power/daya yg lebih kecil, dan lebih bagus untuk perangkat low-power seperti laptop. Masing-masing jenis RAM tersebut tidak saling kompatibel dan didesign dengan slot yang berbeda.

b. Sekunder

Terdiri dari :

1. Harddisk

Harddisk menyimpan system operasi, software aplikasi, data user, dan informasi. Harddisk merupakan peralatan penyimpan yang berisi satu atau lebih platter berbentuk lingkaran dan tidak fleksibel yang menyimpan data, instruksi dan informasi. Yang sekarang ini dengan perkembangannya telah banyak terdapat eksternal harddisk dengan memori lebih dari 2 TB.

2. CD/DVD

CD/DVD menyimpan software, backup, film maupun music. CD / DVD merupakan tipe media storage optikal yang terdiri dari disk portable berbentuk lingkaran dan datar yang terbuat dari metal, plastic, atau lacquer.

3. Mobile storage

Mobile storage menyimpan gambar digital atau file untuk dipindahkan.

4. Tape

Tape menyimpan backup data. Tape adalah pita plastic berlapiskan magnet yang mampu menyimpan data dan informasi dalam jumlah banyak pada harga yang rendah.

5. Floppy disk

Floppy disk menyimpan file kecil untuk dipindahkan.Floppy disk merupakan media penyimpanan yang portable dan tidak mahal yang terdiri dari plastic yang tipis berbentuk lingkaran dan fleksibel dengan bentuk kotak.

6. ZIP disk

ZIP disk merupakan media magnetic portable yang dapat menyimpan dari 100 MB hingga 750 MB data.

7. Smart card

Smart card adalah media penyimpanan yang mirip dengan kartu ATM dan dapat menyimpan data pada sebuah microprocessor tipis yang ditanamkan dalam sebuah kartu.

8. USB disk

USB merupakan alat penyimpan storage yang dapat digunakan dengan cara memasukkannya ke port USB pada sebuah computer atau portable device.

 

  1. IV.             SYSTEM UNIT

System unit adalah sebuah kotak yang berisi komponen elektronik dari computer yang digunakan untuk memproses data.

Bagian – bagian system unit adalah sebagai berikut :

a. Motherboard

Motherboard adalah main circuit board dari system unit. Bagian penting dari motherboard adalah Processor Slot, Memory Slot, Expansion Slot.

b. Processor

Processor adalah komponen yang berfungsi untuk mengartikan dan melakukan instruksi dasar operasi sebuah computer. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 70-an. Segera setelah IBM memproduksi processor untuk PC, intel tidak mau ketinggalan dengan mengusung Intel 80286 dan 80386. AMD yang merupakan pesaing tunggal intel tidak mau kalah dengan mengeluarkan seri K5 nya. Huruf “K” pada prosesor AMD tersebut diambil dari kata “Kryptonite”, batu meteor yang dapat membuat lemah manusia super, superman. Seri K5 sengaja dilempar ke pasaran untuk 4AMD dapat mengimbangi keandalan Intel melalui rilis seri Athlon miliknya, atau disebut juga K7. Standar mikroprosesor yang dikeluarkan oleh AMD adalah 3DNow! dan 3Dnow!+. Kedua standar tersebut dibuat untuk menyaingi standar dari Intel, yaitu standar MMX sampai SSE3. Standar AMD 3Dnow! digunakan oleh beberapa pengembang game, namun idSoftware menggunakan standar ini untuk Quake II-nya. Dan hingga saat ini dua pengusaha prosesor yang memegang pasar terbesar, Intel dan AMD telah menggunakan standar sistem 64-bit untuk produk – produk selanjutnya.

c. Memory

Memory merupakan komponen elektronik yang menyimpan instruksi sambil menunggu untuk dieksekusi prosesor, data yang dibutuhkan oleh instruksi tersebut, dan hasil dari data yang sudah diproses. Tipe memory yaitu : RAM, ROM dan Flash.

d. Expansion Slot

Expansion slot adalah socket pada motherboard yang dapat bekerjasama dengan adapter card. Adapter card adalah circuit board yang meningkatkan fungsi dari sebuah komponen pada system unit atau menyediakan koneksi ke komponen atau peralatan lain.

e. Port

Port adalah area pada computer yang digunakan untuk menghubungkan peralatan dengan system unit agar peralatan tersebut dapat mengirim / menerima data dan informasi dari computer.

f. Power Supply

Power supply adalah komponen system unit yang mengubah arus listrik AC menjadi DC.

  1. V.                COMMUNICATION DEVICE

Communication device adalah tipe hardware yang mampu mentransmisi data, instruksi, dan informasi antar alat pengirim dan penerima. Jenis – jenis communication device, sebagai berikut :

a. Modem

Modem adalah alat yang mengubah sinyal agar dapat melakukan transmisi data/informasi melalui jaringan telepon. Terdapat beberapa jenis modem, yaitu :

1. Dial-up modem

Dial-up modem merupakan modem yang digunakan untuk berhubungan dengan jaringan dial-up (jaringan telepon analog).

2. Cable modem

Cable modem merupakan modem digital yang mengirim dan menerima data digital pada jaringan televisi kabel.

3. ISDN / DSL modem

ISDN/DSL modem merupakan modem yang digunakan untuk berhubungan dengan jaringan ISDN / DSL (jaringan telepon digital).

4. Network card

Network card adalah adapter card / compact flash card yang memampukan computer/peralatan untuk mengakses ke sebuah jaringan.

b. Wireless Access Point

Wireless access point adalah peralatan komunikasi yang mengijinkan computer dan peralatan untuk mentransfer data secara nirkabel di antara peralatan/komputer itu sendiri atau ke jaringan kabel.

 

 

Sumber :

Shelly,Gary B.; Cashman,Thomas J.; Vermaat,Misty E. Discovering Computers 2011 : Living in a Digital World. US : Course Technology

Modul2_Mengenal Hardware Komputer.pdf

http://belajar-komputer-mu.com/komputer

http://blog.student.uny.ac.id/nazilatul/2011/01/06/perkembangan-perangkat-keras-komputer

Leave a Reply

Go to Top