Tugas Personal 03

KARAKTERISTIK SMALL USER


Teknologi yang ada saat ini telah berkembang dengan pesat. Komputer sudah menjadi barang yang wajib ada. Berdasarkan jenis aplikasi dan kompleksitas teknologi yang digunakan, computer dibedakan dari home user, small user, hingga power user. Yang akan menjadi bahasan disini adalah karakteristik dari small user. Pada kategori small user ini terdapat pada perusahaan yang memiliki pekerja kurang dari 50 orang. Para pekerja termasuk yang bekerja dari rumah dan melengkapi manajemen resourcenya dengan komputer. Untuk hardware yang paling dibutuhkan oleh small user, diantaranya :

  1. Desktop Computer

Karena lebih banyak digunakan dimeja kerja yang tidak atau jarang berpindah – pindah, maka desktop computer ini merupakan pilihan yang sesuai untuk small user. Selain itu juga desktop computer relatif lebih mudah diupgrade dan ditingkatkan kemampuannya serta penambahan komponen baru atau penggantian komponen tertentu.

  1. PDA,

Penggunaan PDA ini untuk memudahkan pekerjaan. Aplikasi pokok yang lazim digunakan diantaranya adalah memo, kalkulator, perekam video, dan akses internet sebagai pengorganisir pribadi.

  1. Shared network,

Untuk jaringan ini terdapat beberapa klasifikasi, untuk small user dipergunakan sebagai akses data dan informasi organisasi. Dapat disesuaikan berdasar geografisnya dengan menggunakan LAN (Local Area Network), sedangkan MAN (Metropolitan Area Network) lebih diperuntukkan untuk power user. Berdasar fungsinya dapat disesuaikan menggunakan jaringan peer to peer atau client server. Berdasar distribusi data atau informasinya sendiri dapat disesuaikan menurut kebutuhan organisasi dengan jaringan terdistribusi atau terpusat. Dan berdasar media transmisi data dapat digunakan wired network atau wi-fi yang disesuaikan dengan kebutuhan user.

  1. Printer.

Tentu sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan untuk hal – hal yang bersifat administratif terutamanya.

Software adalah informasi yang menggunakan komputer untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan. Software perlu diakses sebelum dapat digunakan. Ada banyak istilah digunakan untuk proses mengakses perangkat lunak termasuk menjalankan, menjalankan, memulai, membuka, dan lainnya(2). Klasifikasi software yang dibutuhkan oleh small user sekurang – kurangnya adalah

  1. Business (word processing, spreadsheet, dan database)

Word processing adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat dan text document editing. Contoh aplikasinya adalah Microsoft Word dan Corel WordPerfect yang merupakan aplikasi berbayar, ada juga Open Office Writer untuk aplikasi yang tidak berbayar. Windows biasanya sudah dilengkapi dengan notepad dan wordpad untuk mengedit text. Spreadsheet digunakan untuk hal – hal yang berhubungan dengan keuangan. Contoh aplikasinya adalah Microsoft Excel, Corel QuatroPro, Lotus 123 untuk aplikasi yang berbayar. OpenOffice.org Calc adalah program office Open Source yang bebas untuk didownload dan digunakan. Ada juga iWork yang diperuntukkan untuk sistem operasi Mac OS X dan IOS. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan dengan cara yang memudahkan untuk mengambil, memodifikasi, dan mencari. Database dapat disimpan dalam satu file dengan informasi yang disimpan bersama dalam satu tabel (flat database) atau disimpan dalam beberapa tabel yang disebut database relasional.

  1. Personal information manager

Yang sering disingkat dengan PIM ini merupakan fungsi dari personal organizer atau yang sekarang popular dengan sebutan PDA. Contoh aplikasinya adalah memo, lists, calendars, alamat, phonebook, agenda, social media, dan lain – lainnya.

  1. Company specific

Software yang menentukan keberlangsungan perusahaan dan khusus diperuntukkan untuk data serta informasi perusahaan tersebut, misalnya accounting. Contoh aplikasinya adalah MYOB, Kazaa, Napster, JXTA, TurboCASH, NOSA XP, Brightpearl, dan lain sebagainya.

  1. Network management

Merupakan top-level administration and maintenance pada jaringan berukuran besar yang seringkali terdapat pada komputer atau telekomunikasi, namun tidak termasuk user terminal equipment digunakan untuk mengatur sumber jaringan seperti MSC (Mobile Switching Center), pencatat lokasi dan base station. (1)Pada network management, fungsi-fungsi seperti keamanan (security), monitoring, kontrol (control), alokasi (allocation), penyebaran (deployment), koordinasi (coordination) dan perencanaan (planning) dijalankan. Network management diatur oleh sejumlah besar protocol yang tersedia, termasuk SNMP, CMIP, WBEM, Common Information Model, Java Management Extensions, Transaction Language 1, dan Netconf.

  1. Web browser

Aplikasi web browser berhubungan dengan kebutuhan internet. Aplikasi ini digunakan untuk mendukung kebutuhan data dan text document. Contoh aplikasinya adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera.

  1. E-mail

Merupakan aplikasi personal yang dipergunakan untuk sharing informasi dan data yang membutuhkan koneksi internet. Beberapa contoh aplikasinya adalah yahoomail, googlemail, msn, dan lain – lainnya.

Untuk aplikasi yang dipergunakan dapat lebih banyak lagi dicari baik yang freeware maupun yang berbayar dengan menggunakan browser di dunia maya.

Sumber :

Shelly,Gary B.; Cashman,Thomas J.; Vermaat,Misty E. Discovering Computers 2011 : Living in a Digital World. US : Course Technology. 2011

Lecture Note Pertemuan 3 – Aplikasi Komputer dalam Kehidupan Sehari – hari

http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

http://jealilik.wordpress.com/tips-tips/tips-memilih-komputer-antara-netbook-notebook-dan-desktop-pc/

http://www.grassrootsdesign.com/intro/db.php

http://www.grassrootsdesign.com/intro/graphic.php

http://www.grassrootsdesign.com/intro/ss.php

http://www.grassrootsdesign.com/intro/wordpro.php

(1)   Dikutip dari : http://gicara.com/uncategorized/apa-yang-dimaksud-dengan-network-management.html

(2)   Dikutip dari : http://www.grassrootsdesign.com/intro/software.php

Leave a Reply

Go to Top